Posted by : sehatdgnherbal Friday, February 14, 2014


       Luka cedera pada jaringan tubuh, yang menyebabkan aliran darah dari sistem kardiovaskular mengendap pada jaringan sekitarnya, disebut hematoma, dan tidak disertai robeknya lapisan kulit.  Memar ditimbulkan oleh trauma seperti tumbukan benda tumpul dan menimbulkan rasa sakit walaupun pada umumnya tidak berbahaya.  Endapan sel darah pada jaringan kemudian
mengalami fagositosis dan didaurulang oleh makrofaga. Warna biru atau ungu yang terdapat pada memar merupakan hasil reaksi konversi dari hemoglobin menjadi bilirubin. Lebih lanjut bilirubin akan dikonversi menjadi hemosiderin yang berwarna kecoklatan. yang disebabkan terantuk, terpukul, terjatuh, dll, dimana kulit terlihat kebiruan yang menandakan adanya pendarahan di jaringan. 

Resep  :

1.) Segenggam Daun Kencur, cuci bersih, & rebus dalam setengah liter air selama 15 menit.  Celupkan handuk/kain bersih, lalu tempelkan di bagian yang memar.

2.) 3 Jari Kencur + 5 Lembar Daun Sirih.  Cuci bersih, lalu haluskan.  Beri sedikit air, aduk rata, lalu tempelkan pada bagian yang memar.

3.)  Daun Kol Banda beberapa lembar, cuci bersih.  Panaskan di atas api sampai daun terasa lemas, tempelkan pada kaki yang memar.

4.) Kelapa setengah tua, cuci, parut, dan beri cuka secukupnya.  Lalu tempelkan pada luka memar.  Setelah kering diganti dengan  yang baru, lakukan berulang ulang hingga memar sembuh.

5.) Herba Kumis Kucing secukupnya, cuci, lalu haluskan.  Tempelkan ditempat yang sakit, bila perlu dibalut.
Bisa juga seluruh tanaman dicuci bersih, lalu direbus dengan air secukupnya, gunakan untuk merendam bagian yang sakit.

6.) Daun Seledri secukupnya, cuci, lalu haluskan.  Tempelkan ditempat yang sakit, bila perlu dibalut.







Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Sehat Dengan Herbal Islami - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Latifah Ali Mugeni -