Posted by : sehatdgnherbal Sunday, February 9, 2014




       Langkah-langkah Ikhtiar Pendekatan Ibadah  :
   
Melakukan ikhtiar secara Islami bukan yang terlarang. 
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, 
“ Sesungguhnya Allah yang menciptakan penyakit dan obatnya, maka berobatlah kalian tapi jangan berobat dengan cara yang diharamkan”
(Hadits ini dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Ash-Shahihah)

Yakin bahwa Allah SWT Maha Penyembuh 
yakinlah dengan sepenuh hati bahwa hanya Allah SWT saja Dzat Yang Maha Menyembuhkan, sedangkan dokter, tabib, perawat, terapis, obat-obatan, dll, hanyalah sarana menuju kesembuhan.
Kesembuhan bisa didapat karen Ridho & Pertolongan, serta Taqdir-Nya.

Dekatkan diri dan tingkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT 
* Awali dengan Sholat Taubat,
agar allah SWT mengampuni segala  dosa & kesalahan sehingga tiada lagi pengahalang terkabulnya doa.
* Sholat Wajib tepat waktu & berjamaah
Shalat berjamaah di masjid tepat waktu khususnya untuk lelaki,
lengkap dgn qabliyah & ba'diyahnya. + Sunnah Tahiyyatul Masjid.
Untuk perempuan, minta izin sama suami, atau jln sama muhrim, atau cukuplah shalat di rumah saja tapi tetap standby sblm Azan.
* Lakukanlah Ibadah Sunnah
Perbanyak ibadah sunnah seperti Sholat Tahajud 4-8 rokaat + 3 rokaat Witir, Sholat Hajat, Sholat Dhuha 4-12 rokaat, puasa sunnah senis-kamis atau puasa daud ( sehari puasa sehari tidak).
* Perbanyak Dzikir & Doa
Basahi lisan dengan terus berdzikir, bisa dengan istighfar, tasbih, tahmid, takbir, dll yang penting zikir yang diajarkan Allah & Rosul-Nya.  Berdoalah selalu disetiap habis sholat, mohon kesembuhan dan dipulihkan kembali, sehat wal afiat kepada Allah SWT.

Bershadaqahlah Semampunya 
Niatkanlah shadaqah untuk memperoleh kesembuhan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.  Yakinlah tiada seorangpun yang jatuh miskin karena sedekah, justru dengan bersedekah akan diberi balasan berlipat ganda oleh Allah SWT baik dengan pahala, kemudahan segala urusan, terkabul doa & hajat, dll.

Bertawakkallah kepada Allah SWT
Pasrahkan segalanya kepada Allah SWT, tetap berprasangka baik, jangan putus asa, tetap semangat, dan ikhtiar sepenuh hati terus menerus tiada henti. Adapun hasilnya kita serahkan hanya Allah SWT yang punya hak untuk mengabulkan atau tidak.  Smoga Allah SWT memberikan keputusan yang terbaik untuk kita.


SHOLAT TAUBAT
Niat Sholat Taubat  :
"Ushollii sunnatat-taubati rok'ataini lillaahi ta'aalaa. Allaahu akbar."
" Aku berniat shalat taubat dua roka'at karena Allah Ta'ala. 
Allaahu akbar. "
Dzikir Setelah Sholat Taubat  :

ASTAGHFIRULLAAHALA AZHIIM. ALLADZII LAA ILAAHA ILLAA HUWAL HAYYUL QAYYUUMU WA ATUUBU ILAIH.
" Aku memohon ampun kepada Alloh Yang Maha Agung, yang tak ada Tuhan selain Dia. Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya "

ALLAAHUMMA ANTA RABBII LAA ILAAHA ILAA ANTA, KHALAQTANII WA ANA 'ABDUKA, WA ANA 'ALAA AHDIKA WA WA'DIKA MASTATHA'TU. A'UUDZU BIKA MIN SYARRI MAA SHONA'TU, ABUU U LAKA BINI'MATIKA 'ALAYYA WA ABUU U BIDZAMBII, FAGHFIRLII, FA INNAHU LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBA ILLAA ANTA.
" Wahai Alloh! Engkaulah Tuhanku, tiada Tuhan selain Engkau, Engkau telah menciptakanku, dan aku adalah hamba-Mu, dan aku pun berada dalam janji-Mu, menurut kemampuanku. Aku ber- lindung kepada-Mu dari kejahatan apa saja yang telah kulakukan. Kuakui kepada-Mu nikmat yang telah Engkau anugerahkan kepadaku, dan kuakui dosaku. Karena itu ampunilah aku, karena tak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Engkau "
(HR. Bukhori)
* Bacalah berulang-ulang.


Doa Setelah Sholat Taubat  :

اللَّهُمَّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي ظُلْمًا كَثِيرًا ، وَلا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلا أَنْتَ , فَاغْفِرْ لِي 
مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ ، وَارْحَمْنِي إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

“ Allāhumma inni alamtu nafsī ulman kaīrā, wa lā yaghfiru unūba illa anta, faghfirlī maghfiratan min ‘indik, waramnī innaka antal Ghafūrur Raīm ”
“ Ya Allāh, sungguh aku telah banyak menālimi diriku, dan tiada yang mengampuni dosa kecuali Engkau. Maka, ampunilah aku dengan ampunan/maghfirah dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. ”
(lihat Fāul-Bārī 2/369 dan Syarh Muslim li an-Nawawī 8/296)

Astaghfirullahal 'adziim, Robbanaa dholamnaa anfusanaa wa illam taghfirlanaa wa tar hamnaa lanakuu nanna minarkhosiriin. Robbanaghfirlanaa dzunuubanaa wa kaffir 'annaa sayyiaa tinaa wa tawaffanaa ma'al abroor, Laa ilaaha illaa anta subnaanaka innii kuntu minadhooliminiin.  Allohummaghfirlii dzambii kullahu diqqohu wa jallahu wa awwalahu wa aakhirohu wa 'alaa niyatahu wa sirrohu.
" Aku memohon ampunan atas segala dosaku kepada Alloh Yang Maha Agung. Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, sekiranya Engkau tidak mengampuni dosa kami, dan tidak pula mengasihi kami, niscaya kami termasuk golongan orang-orang yang merugi.  Ya Tuhan kami, ampunilah dosa kami, hapuskanlah segala kesalahan kami, dan matikanlah kami bersama golangan orang-orang yang baik.  Tiada Tuhan yang berhak disembah melainkan Engkau Yang Maha Suci, sesungguhnya aku termasuk golongan orang-orang yang merugi.  Ya Alloh ampunilah dosaku seluruhnya, yang kecil & yang besar, yang awal & yang akhir, yang terang-terangan & yang tersembunyi. " 
 ( HR. Muslim, Abu Dawud, & Hakim )


 SHOLAT TAHAJUD 

Niat Sholat Tahajud  :



Ushollii sunnatat tahajudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa.
   " Aku (niat). shalat sunat tahajud 2 rakaat, karena Allah Ta’ala "

Zikir Setelah Sholat Tahajud  :
Baca zikir Tasbih, Tahmid, & takbir 33x., Istghfar dan zikir lainnya yang biasa dilakukan Rosulallah.

Doa Setelah Sholat Tahajud  :

ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WA’DUKAL HAQQU, WA LIQAA’UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WASSAA’ATU HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A’LANTU, WA MAA ANTA A’LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU, WA ANTAL MU’AKHKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH
“ Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji.  Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya.  Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji.  Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada).  Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum.  Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku.  Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir.  Tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah. ”  (HR. Bukhori & Muslim).

* Lakukan sholat tahajjud tiap 2 rokaat salam. 

SHOLAT WITIR

Niat Sholat Witir 2 Rokaat  :

“Ushollii sunnatal witri rok’ataini lillaahi ta’aa laa.” 
        "Aku niat solat sunnat witir dua rakaat kerana Allah Taala"

Niat Sholat Witir 1 Rokaat  :

“Ushollii sunnatal witri rok’atan lillaahi ta’aalaa.”
Aku niat Solat Sunat Witir satu raka’at, kerana Allah Ta’ala.

Untuk  sholat 3 rokaat ada 2 cara; bisa dengan lakukan 2 rokaat salam,  lalu dilanjutkan dengan 1 rokaat salam (dengan niat seperti tsb).  Bisa juga dengan 3 rokaat sekaligus, dengan 1 kali salam, dengan niat sama saja seperti tsb, hanya ganti dengan  "... tsalatsa rok'atan ...", dimana saat rokaat ke dua tidak melakukan tasyahud awal, tasyahud hanya di akhir (ini yang membedakan dengan sholat maghrib).

Zikir Setelah Sholat Witir


Doa Setelah Sholat Witir



Allaahumma Innaa Nas’aluka Imaanan Daa-Iman, Wa Nas’aluka Qalban Khaasyan, Wa Nas’aluka “Ilman Naafi’an, Wa Nas’aluka Yaqiinan Shaadiqan, Wa Nas’aluka ‘Amalan Shaalihan, Wa Nas’aluka Diinan Qayyiman, Wa Nas’aluka Khairan Katshran, Wa Nas’alukal ‘Afwa Wal ‘Aafiyah, Wa Nas’aluka Tamaamal Aafiyah, Wanas’alukasys Yukra Alal Aafiyah, Wa Nas’alukal Grilnaa ‘Aninnaas. Allaahumma Rabbanaa Taqabbal Minnaa Shalaatanaa Wa-Shiyaamanaa Wa Qiyaamanaa Watakhasy-Syu’anaa Wa Tadharru’anaa Wa Ta’abbudanaa Wa Tammim Taqshiiranaa, Yaa Allaahu Yaa Allaahu Ya Allaahu Yaa Arhamar Raahimi Washallallaahu ‘Alaa Khairi Khalqihi Muhammadin Wa ‘Alaa Aalihi Wa Shahbihi Ajma’iina Wal Hamdu Lillaahirabbil ‘Aalamiin.
“ Wahai Allah! Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu’, kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus, kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia. Wahai Allah, Tuhan kami! Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu’an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami, Sempurnakanlah kelalaian (kekurangan) kami, wahai Allah, wahai Allah, wahai Allah, wahai Zat Yang Paling Penyayang di antara para penyayang, Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baik makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam ” 


SHOLAT DHUHA

Sholat Dhuha lebih dikenal dengan sholat meminta rizki, akan tetapi yang perlu dipahami bahwa rizki bisa berupa minta jodoh, keturunan, keselamatan, kesehatan, dll.

Niat Sholat Dhuha

 
Doa Setelah Sholat Dhuha

" ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU'ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA'IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA 'IBAADAKASH SHALIHIN. "
Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku),


datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh".

SHOLAT ROWATIB

Niat Sholat Rowatib



  " Ushollii sunnata qobla dzuhur/ashar/'isya/subhi/fajri, rok'ataini lillahi ta'alaa ."
 "Aku berniat sholat sunnah sebelum dzuhur/ashar/'isya/subuh, 2 rokaat karena Alloh ta'alaa. "
" Ushollii sunnata ba'da dzuhur/maghrib/'isya, rok'ataini lillahi ta'alaa ."
 "Aku berniat sholat sunnah sesudah dzuhur/maghrib/'isya, 2 rokaat karena Alloh ta'alaa. "

PUASA SUNNAH SENIN-KEMIS
" Nawaitu shoum yaumil isniin sunnatalillahi Ta’aalaa "
 " Aku berniat puasa hari senin sunnah karena Alloh Ta'alaa "


" Nawaitu shoum yaumil khomis sunnatalillahi Ta’aalaa "
 " Aku berniat puasa hari kemis sunnah karena Alloh Ta'alaa "
PUASA SUNNAH DAUD

نويت صوم داود سنة لله تعالى


" Nawaitu shoum daaud sunnatallillaji Ta'aalaa "
 " Aku niat puasa daud sunnah karena alloh Ta'aalaa ."

* Bersumber dari  :
Buku " Doa & Zikir Menurut Al-qur'an & As-sunnah "
Karya Drs. Zainal Muttaqin dan H. Ghazali Mukri
http://tuntunansholatdankumpulandoa.blogspot.com/
http://shafiqolbu.wordpress.com/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Sehat Dengan Herbal Islami - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Latifah Ali Mugeni -