Posted by : sehatdgnherbal Monday, February 10, 2014



       Menurut WHO, Kesehatan Mental didefinisikan sebagai keadaan dimana individu merasa sejahtera.
Kesehatan mental yang baik ditandai dengan:
• Kemampuan individu mengetahui potensinya dan memaksimalkan potensi tersebut
• Kemampuan individu mengatasi situasi menekan yang dihadapinya
• Kemampuan individu untuk bekerja secara produktif dan bermanfaat di tempat kerja, keluarga, komunitas, dan di antara teman.
       Kesehatan mental merupakan hal yang sama pentingnya dengan kesehatan fisik.  Keduanya harus sama-sama dijaga. 
Dalam hidup kita memiliki tertekan, sedih, atau takut, dll.  Setiap individu memiliki cara yang berbeda dalam mengatasi setiap masalah yang dihadapinya. Ada yang bisa bangkit kembali dari kemunduran sementara ada orang lain yang mungkin merasa terbebani oleh itu untuk waktu yang lama. 

Beberapa Penyakit Mental/Jiwa a.l :

EMOSI
       Emosi adalah hal yang begitu saja terjadi dalam hidup kita. 
Bisa perasaan marah, takut, sedih, senang, benci cinta, antusias, bosan dll.
Munurut Daniel Golemen, emosi merujuk pada suatu perasaan dan pikiran, suatu keadaan biologis dan psikologis dan serangkaian kecenderungan untuk bertindak.
Kesehatan emosi dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Ada pepatah  berkata bahwa hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi patah semangat mengeringkan tulang.  Luka jiwa yang tidak diatasi dengan baik dapat menjadi psikosomatik (penyakit yang berhubungan dengan gangguan emosi atau jiwa).

STRES
       Menurut Hans Selye tahun 1950, Stres adalah respons tubuh tubuh yang bersifat tidak spesifik terhadap setiap tuntutan atau beban di atasnya.
       Orang bisa terkena Stres karena disebabkan :
Karena keadaan fisik seperti karena temperatur yang tinggi atau yang sangat rendah, suara yang bising, sinar matahari atau tegangan arus listrik, karena gangguan fungsi organ tubuh di antaranya gangguan dari struktur tubuh, fungsi jaringan, organ dan lain-lain.
Bisa juga stres karena gangguan situasi psikologis atau ketidakmampuan kondisi psikologis untuk menyesuaikan diri seperti hubungan interpersonal, sosial budaya atau agama.

MARAH
       Marah merupakan manifestasi kesedihan dan kesombongan.  Orang yang sedang marah terlihat dari respon anggota tubuhnya seperti tanggan gemetar, muka memerah ,dan jantung berdebar kencang. Kondisi tersebut menunjukan bahwa orang yang sedang marah pada hakikatnya membebani otak, pembuluh darah,dan jantungnya dengan beban yang berat . Kemarahan yang berulang-ulang menunjukan bahwa pelakunya menderita peyakit hati beresiko terserang tekanan darah tinggi, stroke depresi, peyakit saraf pusat, peyakit jantung dan Vertigo, darah tinggi, sakit kepala, pusing, sampai gangguan liver.

SUSAH / SEDIH
        Konon kesedihan berhubungan dengan paru-paru dan usus besar contoh, menangis terisak-isak itu berasal dari paru-paru. kalu emosi susah tidak terkontrol, fungsi pernafasan akan terganggu, luapan emosi kesedihan  yang terus menerus juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare.

RASA TAKUT / CEMAS
        Ketakutan yang berlebihan akan menimbulkan kerusakan pada fungsi ginjal dan kandung kemih.   Cemas yang berlebihan akan menimbulkan mulut menjadi kering, tegang, bibir mengatup rapat, serta rambut mengalami beruban sebelum waktunya. Adapun pengubanan dini ini di akibatkan oleh kelelahan otot, akibat kecemasan yang berlebihan.

KIKIR
        Allah Swt berfirman , ” dan siapa  yang kikir sesunguhnya ia kikir terhadap dirinya sendiri dan Alloh Maha Kaya, sedangkan kamu adalah orang-orang yang berkehendak (miskin dihadapan Alloh)”. (QS Muhammad:38). 
Kikir dimulai dari cinta dunia yang berlebihan, takut miskin ,hati selalu cemas dan tidak bahagia.Akibatnya ,otak akan mudah terserang ganguan seperti pikun dan sulit tidur .Kesedihan yang berkepanjangan akan meyebabkan penderita mudah terserang peyakit paru-paru.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Sehat Dengan Herbal Islami - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Latifah Ali Mugeni -