Posted by : sehatdgnherbal Saturday, February 15, 2014

      Penyakit kanker yang paling banyak diderita oleh penduduk Indonesia yang menyebabkan kematiannya, yaitu; Kanker payudara, kanker serviks, kanker darah, dan kanker paru-paru.
        
Perbedaan Kanker dan Tumor


       Kanker,  Penyakit terjadi karena pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal, cepat, dan tidak terkendali.   Sel-sel kanker akan terus membelah diri, terlepas dari pengendalian pertumbuhan, dan tidak lagi menuruti hukum-hukum pembiakan.   Sel kanker akan tumbuh menyusup ke jaringan sekitarnya (invasif), lalu membuat anak sebar (metastasis) ke tempat yang lebih jauh melalui pembuluh darah dan pembuluh getah bening.  Selanjutnya, akan tumbuh kanker baru di tempat lain sampai akhirnya menyebabkan kematian penderitanya.
       Dalam keadaan normal, sel hanya akan membelah diri bila tubuh membutuhkannya seperti mengganti sel-sel yang rusak atau mati.  Sedangkan sel kanker akan membelah diri meskipun tidak dibutuhkan sehingga terjadi kelebihan sel-sel baru.   Kanker dapat tumbuh di semua sel jaringan tubuh, seperti sel kulit, sel hati, sel darah, sel otak, sel lambung, sel usus, sel paru, sel saluran kencing, dan berbagai macam sel tubuh lainnya.  
Dikenal beberapa jenis kanker, seperti karsinoma, sarkoma, limfoma (neoplasma sistem limfatik) atau leukemia (neoplasma ganas sel darah putih).   Karsinoma merupakan tumor ganas yang berasal dari sel epitel, misalnya kanker payudara, kanker kulit, dan kanker lambung.   Adapun sarkoma merupakan tumor ganas yang berasal dari jaringan mesodermal, misalnya fibrosarkoma (tumor ganas jaringan ikat), limfosarkoma (tumor ganas sistem limfatik), dan osteosarkoma (tumor ganas pada tulang). 
Tumor adalah segala pembengkakan atau benjolan yang disebabkan oleh apa pun, baik oleh pertumbuhan jaringan baru maupun adanya pengumpulan cairan seperti kista atau benjolan yang berisi darah akibat benturan.   Ada istilah tumor jinak (benigna, benign) dan tumor ganas (maligna, malignant) yang berarti kanker.   Tumor jinak tumbuhnya lambat,  setempat (lokal), tidak menyebar ke bagian lain dari tubuh serta jarang mengganggu kesehatan.










Sumber  :
www.dharmais.co.id
yayasankankerindonesia.org
dll        









Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Sehat Dengan Herbal Islami - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Latifah Ali Mugeni -